Matematika Sedekah

Apa yang kita lihat dari matematika di bawah ini?

10 – 1 = 19

Pertambahan ya? Bukan pengurangan? Kenapa matematikanya begitu? Matematika pengurangan darimana? Kok ketika dikurangi, hasilnya malah lebih besar? Kenapa bukan 10 – 1 = 9?

Inilah kiranya “Matematika Sedekah”. Dimana ketika kita memberi dari apa yang kita punya, Allah justru akan mengembalikan lebih banyak lagi.

Jadi dengan sedekah 1000 rupiah, bisa saja mendapatkan 10.000 rupiah. Investasi yang sangat menguntungkan bukan? Tidak ada bank di Indonesia ini yang berani memberikan bunga demikian besar, kecuali Bank milik Allah SWT.

Matematika sedekah di atas, adalah matematika sederhana yang diambil dari ayat Al-Quran

“Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya…”(Al-‘An’am:160).

Allah menjanjikan balasan 10 kali lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Jadi ketika kita punya 10, lalu kita sedekahkan 1 diantara yang 10 itu, maka hasil akhirnya bukan 9, melainkan 19. Sebab yang satu kita keluarkan , akan dikembalikan oleh Allah SWT sepuluh kali lipat. Hasil akhir atau jumlah akhir bagi mereka yang mau bersedekah tentu akan lebih banyak lagi, tergantung kehendak Allah SWT. Sebab Allah juga menjanjikan balasan yang berkali-kali lipat lebih besar dari sekedar sepuluh kali lipat. Dalam ayat Al-Quran  Allah menjanjikan 700 kali lipat:

” Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (Al-Baqarah:261).

Tinggallah kita yang kemudian membuka mata, bahwa pengembalian Allah itu bentuknya apa? Bukalah mata hati dan kembangkan prasangka baik dan positif, bahwa Allah pasti akan membalas dengan balasan yang terbaik untuk kita.

Sedekah dapat juga disalurkan dengan membantu anak yatim, membangun lingkungan dan fasilitas umum, serta keperluan pengembangan ilmu.

(by Daryanto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s